Tuesday, January 27, 2015

MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI PONPES NW PADASUKA


Pada hari selasa tanggal 29 Robi’ul Awwal 1436 H yang bertepatan dengan tanggal 20 Januari 2015, di Pondok Pesantren NW Padasuka dilaksanakan Pengajian Umum Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.
Pada pelaksanaan pengajian tersebut, Tulus Al-Azhar seorang santri MA NW Padasuka, yang menjadi ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut menuturkan prihal agenda dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, bahwa selain pengajian Umum Maulid Nabi, acara tersebut juga dirangkaikan dengan beberapa agenda lain, yaitu Pidato 3 bahasa oleh santri Takhossus Ponpes NW Padasuka, Pengumuman Peringkat kelas Takhossus dan Santunan untuk anak-anak yatim oleh Pimpinan Ponpes (TGKH. M. Faidi Muqoddam, QH., SH).
Pada pelaksanaan acara peringatan Maulid yang bertemakan “Menyelami Syirah Nabawiyyah untuk Meneladani Akhlak Rasululloh sebagai Uswatun Hasanah”, Pimpinan Ponpes NW Padasuka, TGKH. M. Faidi Muqoddam, QH., SH, dalam pengajiannya menyampaikan sejarah singkat Rasululloh SAW yang kemudian dikaitkan dengan system Pergaulan dalam Islam, kepemimpinan (kenegaraan), dan Ekonomi.
Setelah pengajian berlangsung, acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman peringkat kelas Takhossus bagi santri takhossus yang berprestasi dan tampil sebagai Juara umum Tulus Al-Azhar dan diikuti secara berurutan oleh Susi Jayanti, Lalu Ari Adi Putra, Nur Asiyah, Mawla Atqiya dan Chairun Nisa’. Adapun hadiah diserahkan oleh Bapak Danramil Kecamatan Lunyuk.
Berikutnya setelah pengumuman, agenda dilanjutkan dengan sambutan tunggal Kepala Desa Padasuka (Mahdi), dalam sambutannya Kepala Desa Padasuka memberikan apresiasi kepada santri berprestasi dan memberikan kesan positif dengan ditampilkannya Pidato 3 bahasa oleh santri Takhossus (Tulus Al-Azhar: Bahasa Arab, Nur Asiah: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; Chairun Nisa’). Dalam sambutan tersebut pula, Kepala Desa Padasuka menghimbau kepada jama’ah dan tamu undangan agar memasukkan anak mereka di Ponpes NW Padasuka.

Setelah sambutan oleh Kepala Desa Padasuka, agenda dilanjutkan dengan santuna anak yatim, secara simbolis santunan diserahkan oleh Pimpinan Pondok dan diterima oleh seccara simbolik pula oleh Al-Ustadz H. Mustajabuddin, S.Sos yang merupakan salah seorang anggota DPRD Kab. SSumbawa sebagai perwakilan dari anak-anak yatim.  Dan selanjutnya di akhir acara, Al-Ustadz H. Mustajabuddin memimpin doa dengan do’a Pusaka.

0 comments:

Post a Comment