Friday, April 3, 2015

WAJIB MENEGAKKAN SYARI'AT ISLAM

Allah SWT menciptakan manusia hanyalah untuk beribadah kepada-Nya, dengan kata lain penciptaan manusia untuk tunduk dan patuh kepada-Nya. Dengan demikian manusia wajib melandaskan setiap tindakannya pada aturan-aturan yang diturunkan oleh Allah SWT yang artinya bahwa tidak dibenarkan bagi manusia untuk berbuat dan bertindak di luar aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS. Adz-Dzariya: 56) 

Ayat tersebut menjelaskan bahwa semua makhluk Allah, termasuk jin dan manusia diciptakan oleh Allah SWT agar mereka mengabdikan diri, taat, tunduk, serta menyembah hanya kepada Allah SWT. karena dengan demikian manusia akan bisa mendapatkan derajat taqwa yang imbalannya adalah syrga yang penuh dengan kenikmatan.

Namun, untuk mencapai derajat taqwa ini, tidak cukup hanya dengan memperbanyak ibadah-ibadah mahdloh belaka semisal sholat, puasa, haji, zakat, wudlu dan lain lain sebagainya, namun lebih jauh dari itu, untuk menggapai derajat taqwa ini, maka manusia wajib untuk melaksanakan sekuat tenaga barbagai bentuk ibadah baik yang mahdloh maupun yang ghoiru mahdloh (da'wah, jihad, tolong menuolong, dll), sertaa menjauhi apa yang melanggar aturan Allah karena yang demikianlah yang merupakan pengertian sebenarnya dari taqwa.

إمتثال أوامره واجتناب نواهيه

"Melaksanakan segala zang dierintahkan dan menjauhi segala zang dilarang."

 

0 comments:

Post a Comment