HADITS-HADITS TENTANG KAEDAH DALAM MENENTUKAN WAKTU SHOLAT
عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ
عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ نَبِيَّ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
قَالَ: ( وَقْتُ اَلظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ
اَلشَّمْسُ وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ مَا لَمْ يَحْضُرْ اَلْعَصْرُ
وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ
مَا لَمْ يَغِبْ اَلشَّفَقُ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ
اَلْأَوْسَطِ وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ مَا لَمْ
تَطْلُعْ اَلشَّمْسُ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
وَلَهُ مِنْ حَدِيثِ بُرَيْدَةَ
فِي اَلْعَصْرِ: ( وَالشَّمْسُ
بَيْضَاءُ نَقِيَّةٌ )
وَمِنْ حَدِيثِ أَبِي مُوسَى: ( وَالشَّمْسُ مُرْتَفِعَةٌ )
Dari Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Waktu Dhuhur ialah
jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan
tingginya selama waktu Ashar belum tiba waktu Ashar masuk selama matahari belum
menguning waktu shalat Maghrib selama awan merah belum menghilang waktu shalat
Isya hingga tengah malam dan waktu shalat Shubuh semenjak terbitnya fajar
hingga matahari belum terbit." Riwayat Muslim.
Menurut riwayat Muslim dari hadits Buraidah
tentang waktu shalat Ashar. "Dan matahari masih putih bersih."
Dari hadits Abu Musa: "Dan matahari
masih tinggi."
وَعَنْ أَبِي بَرْزَةَ
الْأَسْلَمِيِّ قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُصَلِّيَ
اَلْعَصْرَ ثُمَّ يَرْجِعُ أَحَدُنَا إِلَى رَحْلِهِ فِي أَقْصَى اَلْمَدِينَةِ
وَالشَّمْسُ حَيَّةٌ وَكَانَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يُؤَخِّرَ مِنْ اَلْعِشَاءِ وَكَانَ
يَكْرَهُ اَلنَّوْمَ قَبْلَهَا وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا وَكَانَ يَنْفَتِلُ مِنْ
صَلَاةِ اَلْغَدَاةِ حِينَ يَعْرِفُ اَلرَّجُلُ جَلِيسَهُ وَيَقْرَأُ بِالسِّتِّينَ
إِلَى اَلْمِائَةِ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
وَعِنْدَهُمَا مِنْ حَدِيثِ
جَابِرٍ: ( وَالْعِشَاءَ أَحْيَانًا وَأَحْيَانًا: إِذَا رَآهُمْ اِجْتَمَعُوا
عَجَّلَ وَإِذَا رَآهُمْ أَبْطَئُوا أَخَّرَ وَالصُّبْحَ: كَانَ اَلنَّبِيَّ صلى
الله عليه وسلم يُصَلِّيهَا بِغَلَسٍ )
وَلِمُسْلِمٍ مِنْ حَدِيثِ أَبِي
مُوسَى: ( فَأَقَامَ اَلْفَجْرَ حِينَ اِنْشَقَّ اَلْفَجْرُ وَالنَّاسُ لَا
يَكَادُ يَعْرِفُ بَعْضُهُمْ بَعْضًا )
Abu Barzah al-Aslamy Radliyallaahu 'anhu
berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah setelah usai shalat
Ashar kemudian salah seorang di antara kami pulang ke rumahnya di ujung kota
Madinah sedang matahari saat itu masih panas. Beliau biasanya suka mengakhirkan
shalat Isya' tidak suka tidur sebelumnya dan bercakap-cakap setelahnya. Beliau
juga suka melakukan shalat Shubuh di saat seseorang masih dapat mengenal orang
yang duduk disampingnya beliau biasanya membaca 60 hingga 100 ayat. Muttafaq
Alaihi.
Menurut hadits Bukhari-Muslim dari Jabir:
Adakalanya beliau melakukan shalat Isya' pada awal waktunya dan adakalanya
beliau melakukannya pada akhir waktunya. Jika melihat mereka telah berkumpul
beliau segera melakukannya dan jika melihat mereka terlambat beliau
mengakhirkannya sedang mengenai shalat Shubuh biasanya Nabi Shallallaahu
'alaihi wa Sallam menunaikannya pada saat masih gelap.
Menurut Muslim dari hadits Abu Musa: Beliau
menunaikan shalat Shubuh pada waktu fajar terbit di saat orang-orang hampir
tidak mengenal satu sama lain
وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ
عَنْهَا قَالَتْ: ( أَعْتَمَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ذَاتَ لَيْلَةٍ
بِالْعَشَاءِ حَتَّى ذَهَبَ عَامَّةُ اَللَّيْلِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى وَقَالَ:
"إِنَّهُ لَوَقْتُهَا لَوْلَا أَنْ
أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي" ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: Pada suatu malam pernah
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam mengakhirkan shalat Isya' hingga larut
malam. Kemudian beliau keluar dan shalat dan bersabda: "Sungguh inilah
waktunya jika tidak memberatkan umatku." Riwayat Muslim
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله
عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا اِشْتَدَّ اَلْحَرُّ فَأَبْرِدُوا
بِالصَّلَاةِ فَإِنَّ شِدَّةَ اَلْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila panas sangat
menyengat maka tunggulah waktu dingin untuk menunaikan shalat karena panas yang
menyengat itu sebagian dari hembusan neraka jahannam." Muttafaq Alaihi
وَعَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ رضي
الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَصْبِحُوا بِالصُّبْحِ فَإِنَّهُ أَعْظَمُ
لِأُجُورِكُمْ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ وَصَحَّحَهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ حِبَّانَ
dari Rafi' Ibnu Khadij Radliyallaahu 'anhu
bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Lakukanlah
shalat Shubuh pada waktu masih benar-benar Shubuh karena ia lebih besar
pahalanya bagimu." Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Tirmidzi dan
Ibnu Hibban
وَعَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
( مَنْ أَدْرَكَ مِنْ اَلصُّبْحِ رَكْعَةً قَبْلِ أَنْ تَطْلُعَ اَلشَّمْسُ فَقَدْ
أَدْرَكَ اَلصُّبْحَ وَمَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ اَلْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ
تَغْرُبَ اَلشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ اَلْعَصْرَ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
وَلِمُسْلِمٍ
عَنْ عَائِشَةَ نَحْوَهُ وَقَالَ: "سَجْدَةً" بَدَلَ "رَكْعَةً".
ثُمَّ قَالَ: وَالسَّجْدَةُ إِنَّمَا هِيَ اَلرَّكْعَةُ
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa yang telah
mengerjakan satu rakaat shalat Shubuh sebelum matahari terbit maka ia telah
mendapatkan shalat Shubuh dan barangsiapa yang telah mengerjakan satu rakaat
shalat Ashar sebelum matahari terbenam maka ia telah mendapatkan shalat
Ashar." Muttafaq Alaihi.
Menurut riwayat Muslim dari 'Aisyah Radliyallaahu
'anhu ada hadits serupa beliau bersabda: "Sekali sujud sebagai pengganti
daripada satu rakaat." Kemudian beliau bersabda: "Sekali sujud itu
adalah satu rakaat."
وَعَنْ
أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: سَمِعْتَ رَسُولَ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم يَقُولُ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ اَلصُّبْحِ حَتَّى تَطْلُعَ
اَلشَّمْسُ وَلَا صَلَاةَ بَعْدَ اَلْعَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ اَلشَّمْسُ )
مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. وَلَفْظُ مُسْلِمٍ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ صَلَاةِ اَلْفَجْرِ
)
Dari Abu Said Al-Khudry bahwa dia mendengar
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak ada shalat
(sunat) setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit dan tidak ada shalat
setelah shalat Ashar hingga matahari terbenam." Muttafaq Alaihi. Dalam
lafadz Riwayat Muslim: "Tidak ada shalat setelah shalat fajar."
وَلَهُ
عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ: ( ثَلَاثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّي فِيهِنَّ وَأَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ
مَوْتَانَا: حِينَ تَطْلُعُ اَلشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ وَحِينَ
يَقُومُ قَائِمُ اَلظَّهِيرَةِ حَتَّى تَزُولَ اَلشَّمْسُ وَحِينَ تَتَضَيَّفُ
اَلشَّمْسُ لِلْغُرُوبِ )
وَالْحُكْمُ
اَلثَّانِي عِنْدَ "اَلشَّافِعِيِّ" مِنْ: حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ
بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ. وَزَادَ: ( إِلَّا يَوْمَ اَلْجُمْعَةِ )
وَكَذَا
لِأَبِي دَاوُدَ: عَنْ أَبِي قَتَادَةَ نَحْوُهُ
Dalam riwayat Muslim dari Uqbah Ibnu Amir:
Tiga waktu dimana Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melarang kami
melakukan shalat dan menguburkan mayit yaitu: ketika matahari terbit hingga
meninggi ketika tengah hari hingga matahari condong ke barat dan ketika
matahari hampir terbenam.
Dan hukum kedua menurut Imam Syafi'i dari
hadits Abu Hurairah dengan sanad yang lemah ada tambahan: Kecuali hari Jum'at.
Begitu juga menurut riwayat Abu Dawud dari
Abu Qotadah terdapat hadits yang serupa.
وَعَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ رضي
الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( يَا بَنِي عَبْدِ
مَنَافٍ لَا تَمْنَعُوا أَحَدًا طَافَ بِهَذَا اَلْبَيْتِ وَصَلَّى أَيَّةَ سَاعَةٍ
شَاءَ مِنْ لَيْلٍ]أَ] وْ نَهَارٍ
) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ حِبَّانَ
Dari
Jubair Ibnu Muth'im bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Wahai Bani Abdu Manaf janganlah engkau melarang seseorang melakukan
thawaf di Baitullah ini dan melakukan shalat pada waktu kapan saja baik malam
maupun siang." Riwayat Imam Lima dan shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu
Hibban
وَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ
رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; عَنْ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: (
اَلشَّفَقُ اَلْحُمْرَةُ ) رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَصَحَّحَ اِبْنُ
خُزَيْمَةَ وَغَيْرُهُ وَقْفَهُ
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Syafaq ialah awan merah."
Riwayat Daruquthni. Shahih menurut Ibnu Khuzaimah selain menyatakannya mauquf
pada Ibnu Umar.
وَعَنْ
اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم ( اَلْفَجْرُ فَجْرَانِ: فَجْرٌ يُحَرِّمُ اَلطَّعَامَ وَتَحِلُّ
فِيهِ اَلصَّلَاةُ وَفَجْرٌ تَحْرُمُ فِيهِ اَلصَّلَاةُ - أَيْ: صَلَاةُ
اَلصُّبْحِ - وَيَحِلَّ فِيهِ اَلطَّعَامُ ) رَوَاهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ
وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَاهُ
وَلِلْحَاكِمِ
فِي حَدِيثِ جَابِرٍ رضي الله عنه نَحْوُهُ وَزَادَ فِي اَلَّذِي يُحَرِّمُ
اَلطَّعَامَ: ( إِنَّهُ يَذْهَبُ مُسْتَطِيلاً فِي اَلْأُفُقِ ) وَفِي اَلْآخَرِ:
( إِنَّهُ كَذَنَبِ اَلسِّرْحَان )
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Fajar itu ada dua
macam yaitu fajar yang diharamkan memakan makanan dan diperbolehkan melakukan
shalat dan fajar yang diharamkan melakukan shalat yakni shalat Shubuh dan
diperbolehkan makan makanan." Riwayat Ibnu Khuzaimah dan Hakim hadits
shahih menurut keduanya.
Menurut riwayat Hakim dari hadits Jabir ada
hadits serupa dengan tambahan tentang fajar yang mengharamkan memakan makanan:
"Fajar yang memanjang di ufuk." Dalam riwayat lain disebutkan:
"Dia seperti ekor serigala."
وَعَنْ
اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم
( أَفْضَلُ اَلْأَعْمَالِ اَلصَّلَاةُ فِي أَوَّلِ وَقْتِهَا ) رَوَاهُ
اَلتِّرْمِذِيُّ وَالْحَاكِمُ. وَصَحَّحَاهُ. وَأَصْلُهُ فِي
"اَلصَّحِيحَيْنِ
Dari
Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam
bersabda: "Perbuatan yang paling mulia ialah shalat pada awal
waktunya." Hadits riwayat dan shahih menurut Tirmidzi dan Hakim. Asalnya
Bukhari-Muslim.
وَعَنْ
أَبِي مَحْذُورَةَ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( أَوَّلُ
اَلْوَقْتِ رِضْوَانُ اَللَّهُ وَأَوْسَطُهُ رَحْمَةُ اَللَّهِ; وَآخِرُهُ عَفْوُ
اَللَّهِ ) أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ جِدًّا
وَلِلتِّرْمِذِيِّ
مِنْ حَدِيثِ اِبْنِ عُمَرَ نَحْوُهُ دُونَ اَلْأَوْسَطِ وَهُوَ ضَعِيفٌ أَيْضًا
Dari
Abu Mahdzurah bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Permulaan waktu adalah ridlo Allah pertengahannya adalah rahmat Allah dan
akhir waktunya ampunan Allah." Dikeluarkan oleh Daruquthni dengan sanad
yang lemah.
Menurut
Riwayat Tirmidzi dari hadits Ibnu Umar ada hadits serupa tanpa menyebutkan
waktu pertengahan. Ia juga hadits lemah.
وَعَنْ
اِبْنِ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه
وسلم قَالَ: ( لَا صَلَاةَ بَعْدَ اَلْفَجْرِ إِلَّا سَجْدَتَيْنِ ) أَخْرَجَهُ
اَلْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيُّ. وَفِي رِوَايَةِ عَبْدِ اَلرَّزَّاقِ: ( لَا
صَلَاةَ بَعْدَ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ إِلَّا رَكْعَتَيْ اَلْفَجْرِ )
وَمِثْلُهُ
لِلدَّارَقُطْنِيّ عَنْ اِبْنِ عَمْرِوِ بْنِ اَلْعَاصِ
Dari Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa
Rasululah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak ada shalat
setelah fajar kecuali dua rakaat (Shubuh)." Dikeluarkan oleh Imam Lima
kecuali Nasa'i. Dalam suatu riwayat Abdur Razaq: "Tidak ada shalat setelah
terbitnya fajar kecuali dua rakaat fajar."
Dan hadits serupa menurut Daruquthni dari Amr
Ibnul 'Ash r.a.
وَعَنْ
أَمْ سَلَمَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( صَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ صلى
الله عليه وسلم اَلْعَصْرَ ثُمَّ دَخَلَ بَيْتِي فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ
فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ: "شُغِلْتُ عَنْ رَكْعَتَيْنِ بَعْدَ اَلظُّهْرِ
فَصَلَّيْتُهُمَا اَلْآنَ" قُلْتُ: أَفَنَقْضِيهِمَا إِذَا فَاتَتْنَا?
قَالَ: "لَا" ) أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ
وَلِأَبِي
دَاوُدَ عَنْ عَائِشَةَ بِمَعْنَاهُ
Ummu Salamah Radliyallaahu 'anhu berkata:
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam shalat Ashar lalu masuk rumahku
kemudian beliau shalat dua rakaat. Maka aku menanyakannya dan beliau menjawab:
"Aku sibuk sehingga tidak sempat melakukan dua rakaat setelah Dhuhur maka
aku melakukan sekarang." Aku bertanya: Apakah kami harus melakukan qodlo'
jika tidak melakukannya? Beliau bersabda: "Tidak." Dikeluarkan oleh
Ahmad.
Seperti hadits itu juga terdapat dalam
riwayat Abu Dawud dari 'Aisyah r.a
0 comments:
Post a Comment