PERBEDAAN STRATEGI, MODEL, PENDEKATAN, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
Pendidikan
merupakan upaya sadar dan terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran
bagi individu agar tumbuh berkembang menjadi manusia mandiri, bertanggungjawab,
kreatif, berilmu, sehat dan berakhlak (berkarakter) mulia (UU No. 20 Tahun
2003).
Dalam dunia
pendidikan, khususnya yang terjadi di lembaga-lembaga formal pendidikan,
pendidikan akrab dengan kegiatan interaksi belajar-mengajar antara guru dan
murid. Dalam hal ini guru akan berperan menjadi pendidik dan murid berperan
sebagai peserta didik.
Dalam Kegiatan
Belajar-Mengajar (KBM) yang tejadi di dalam kelas, keberhasilan seorang guru,
disamping dipengaruhi oleh perencanaan seorang guru sebelum memulai pelaksanaan
Kegiatan Belajar-Mengajar, juga yang tak kalah penting sebagai pendukung
kesuksesan seorang guru dalam mengajar adalah Model, Pendekatan, Metode, Teknik
dan Strategi apa yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar.
Hal ini
bukan saja berpengaruh pada guru, akan tetapi yang lebih penting adalah
pengaruhnya terhadap peserta didik, karena keberhasilan seorang guru dapat
diukur dari pencapaian siswa terhadap apa yang diajarkan oleh seorang guru.
Lantas apa
sebenarnya Model, Pendekatan, Metode, Teknik dan Strategipembelajaran tersebut?
Berikut penjelasan Singkatnya;
A. Strategi
Pembelajaran
Menurut Kemp
(1995), Strategi pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru serta peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan
efisien.
Sedangkan
menurut Kozma, strategi pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk
memfasilitasi (guru sebagai fasilitator) peserta didik agar tujuan pembelajaran
dapat tercapai (Sanjaya, 2007). Pendapat Kozma ini senada dengan pendapat
Gerlach dan Ely (2007) yang mejelaskan bahwa stategi pembelajaran adalah
cara-cara yang dipilih guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada
peserta didik dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
Dari
berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah
langkah-langkah yang ditempuh oleh guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang
ada, guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
B. Model
Pembelajaran
Model adalah
gambaran kecil atau miniatur dari sebuah konsep besar. Model adalah gambaran
kecil dari konsep pembelajaran secara keseluruhan. Termasuk dalam hal ini
adalah tujuan, sintaksis, lingkungan dan system pengelolaan. Atas dasar ini,
model pembelajaran mempunyai makna lebih luas dari istilah lain seperti pendekatan
strategi dan metode.
Dengan
demikian, Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan
sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud
disini termasuk penggunaan media pembelajaran secara umum, seperti buku-buku,
film, computer, kurikulum, dan lain-lain (Qoyce, 1992). Setiap model
pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik
sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan
efisien.
Dalam versi
Soekamto dan Hamruni (2009), Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang
melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar
untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para
perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar
mengajar.
C. Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran adalah titik tolak atau sudut pandang guru terhadap proses
pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk pada pandangan tentang terjadinya
proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karena itu strategi maupun maupun
metode pembelajaran bersumber dari pendekatan tertentu.
Roy Killen
dalam Hamruni (2009) menyebutkan bahwa strategi maupun metode bersumber dari
dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan
pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan yang berpusat pada guru
menurunkan strategi pembelajaran langsung, sedangkan pembelajaran yang berpusat
pada peserta didik akan menurukan strategi pembelajaran tidak langsung.
D. Metode
Pembelajaran
Selanjutnya
istilah lain yang mempunyai makna senada dengan strategi adalah metode. Menurut
Pupuh Fathurrahman metode adalah cara. Dalam pengertian umum metode dapat
diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang ditempuh guru untuk mencapai
tujuan pembelajaran (Fathurrahman, 2007)
E. Teknik
Pembelajaran
Teknik atau
taktik merupakan satu istilah lagi yang mempunyai makna mirip dengan strategi.
Dalam konteks pembelajaran, teknik atau taktik mengajar adalah penjabaran dari
metode pembelajaran. Dengan demikian,
teknik adalah salah satu cara yang ditempuh guru untuk mengimplementasikan
metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, teknik adalah cara penerapan
metode agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. Dalam pengertian
yang lebih luas. Taktik pembelajaran dapat difahami sebagai gaya guru dalam
mengajar. Atas dasar ini, maka dapat dinyatakan bahwa taktik memiliki sifat
individual, bukan umum.
Sumber: Strategi
Pembelajaran Pendidikan Karakter oleh Suyadi, M.Pd.I
0 comments:
Post a Comment