Friday, October 3, 2014

ONE MINUTE BEFORE TEACHING: ANDALAH MATAHARINYA (3)

Kalau ruang kelas dengan segala isinya, termasuk para siswa, diibaratka tata surya, maka guru adalah mataharinya. Guru adalah pusat dimana seluruh planet berputar mengelilinginya. Ia yang akan membawa suasana gelap atau terang, ia pula yang akan menyebabkan perubahan iklim dan musim serta mengatur eskalasi rotasi untuk bergerak lebih cepat atau lebih lambat.Segala energi yang ada tidak akan berarti apa-apa ketika ia tidak ada. Oleh karena itu, para guru harus menyadari betul bahwa segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas sangat bergantung kepadanya. Dan saat ini, matahari itu adalah anda, para guru.

Seluruh mata siswa tertuju pada anda. Pakaian yang anda kenakan lengkap dengan motifnya, warna garis, modelnya, kancingnya, kerahnya, bahkan jenis merek dan ukurannya, semuanya akan menarik atau bahkan akan menjauhkan perhatian para siswa. Segala tentang anda tidak akan ada yang bisa lepas dari puluhan pasang mata di sekitar anda. Sementara itu, pikiran mereka sedang sesak dengan "keajaiban-keajaiban" yang akan mereka temukan disini, di ruang kelas ini bersama anda.

Jangan pernah untuk terbesit untuk menganggap bahwa hal demikian tidaklah penting. Jangan pernah berpikir untuk mengabaikan hal demikian sekalipun anda akan menjalaninya setiap hari di setiap tahunnya.

Kenyataan ini adalah senjata yang jika anda menyadari, fungsinya akan menjadi sesuatu yang mampu menghipnotis siswa untuk menjadi dan melakukan apa yang anda inginkan. Andalah "Komposer" yang memimpin satu orkestra bernama kelas. Semua orang, bahkan benda yang ada di ruangan itu, akan siap mengikuti ritme irama yang anda inginkan. Dan pada kondisi yang sudah pada tingkat maksimal, setiap kata yang anda ucapkan, setiap gerak yang anda lakukan, bahkan setiap tarikan nafas pada saat anda berada di dalam kelas akan menjadi sumber kekuatan bagi para siswa untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu sesuai perintah anda. Keadaan istimewa ini sering terlupakan oleh para guru, kenyataan saat ini bahwa anda adalah mataharinya. Andalah matahari bagi mereka. Semua sangat bergantung pada anda, cahaya anda, energi anda, segala kuasa dan kedigdayaan anda.

Anda dengan kekuatan besar yang anda miliki saat berada di dalam kelas, tanpa disadari akan menjadi cerminan suatu proses cerminan satu proses dinamika pembelajaran satu generasi. Jika karakter satu generasi dibentuk di rumah yakni dalam keluarga mereka, maka pembentukan pola dan bagaimana mereka berfikir, andalah para guru yang membentuknya. 

Ketika anda tahu persis kekuatan anda dan sadar betul bahwa murid-murid anda sekarang menunggu intruksi anda, maka tidak ada tindakan yang lebih baik untuk dilakukan dalam keadaan ini selain membangun komunikasi antara anda, visi mata pelajaran anda serta segala hal prinsipil lainnya. Anang
Location: Padasuka Unknown location.

0 comments:

Post a Comment