Sunday, October 19, 2014

PERBEDAAN STRATEGI, MODEL, PENDEKATAN, METODE, DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar tumbuh berkembang menjadi manusia mandiri, bertanggungjawab, kreatif, berilmu, sehat dan berakhlak (berkarakter) mulia (UU No. 20 Tahun 2003).

Dalam dunia pendidikan, khususnya yang terjadi di lembaga-lembaga formal pendidikan, pendidikan akrab dengan kegiatan interaksi belajar-mengajar antara guru dan murid. Dalam hal ini guru akan berperan menjadi pendidik dan murid berperan sebagai peserta didik.

Dalam Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) yang tejadi di dalam kelas, keberhasilan seorang guru, disamping dipengaruhi oleh perencanaan seorang guru sebelum memulai pelaksanaan Kegiatan Belajar-Mengajar, juga yang tak kalah penting sebagai pendukung kesuksesan seorang guru dalam mengajar adalah Model, Pendekatan, Metode, Teknik dan Strategi apa yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar.

Hal ini bukan saja berpengaruh pada guru, akan tetapi yang lebih penting adalah pengaruhnya terhadap peserta didik, karena keberhasilan seorang guru dapat diukur dari pencapaian siswa terhadap apa yang diajarkan oleh seorang guru.

Lantas apa sebenarnya Model, Pendekatan, Metode, Teknik dan Strategipembelajaran tersebut? Berikut penjelasan Singkatnya;

A.      Strategi Pembelajaran
Menurut Kemp (1995), Strategi pembelajaran adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Sedangkan menurut Kozma, strategi pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk memfasilitasi (guru sebagai fasilitator) peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai (Sanjaya, 2007). Pendapat Kozma ini senada dengan pendapat Gerlach dan Ely (2007) yang mejelaskan bahwa stategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih guru untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik dalam lingkungan pembelajaran tertentu.

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh oleh guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada, guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

B.      Model Pembelajaran
Model adalah gambaran kecil atau miniatur dari sebuah konsep besar. Model adalah gambaran kecil dari konsep pembelajaran secara keseluruhan. Termasuk dalam hal ini adalah tujuan, sintaksis, lingkungan dan system pengelolaan. Atas dasar ini, model pembelajaran mempunyai makna lebih luas dari istilah lain seperti pendekatan strategi dan metode.

Dengan demikian, Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud disini termasuk penggunaan media pembelajaran secara umum, seperti buku-buku, film, computer, kurikulum, dan lain-lain (Qoyce, 1992). Setiap model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien.

Dalam versi Soekamto dan Hamruni (2009), Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.

C.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran adalah titik tolak atau sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk pada pandangan tentang terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karena itu strategi maupun maupun metode pembelajaran bersumber dari pendekatan tertentu.

Roy Killen dalam Hamruni (2009) menyebutkan bahwa strategi maupun metode bersumber dari dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung, sedangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik akan menurukan strategi pembelajaran tidak langsung.

D.     Metode Pembelajaran
Selanjutnya istilah lain yang mempunyai makna senada dengan strategi adalah metode. Menurut Pupuh Fathurrahman metode adalah cara. Dalam pengertian umum metode dapat diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang ditempuh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran (Fathurrahman, 2007)

E.      Teknik Pembelajaran
Teknik atau taktik merupakan satu istilah lagi yang mempunyai makna mirip dengan strategi. Dalam konteks pembelajaran, teknik atau taktik mengajar adalah penjabaran dari metode pembelajaran.  Dengan demikian, teknik adalah salah satu cara yang ditempuh guru untuk mengimplementasikan metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, teknik adalah cara penerapan metode agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. Dalam pengertian yang lebih luas. Taktik pembelajaran dapat difahami sebagai gaya guru dalam mengajar. Atas dasar ini, maka dapat dinyatakan bahwa taktik memiliki sifat individual, bukan umum.


Sumber: Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter oleh Suyadi, M.Pd.I

0 comments:

Post a Comment