Tuesday, September 9, 2014

AKIBAT MENINGGALKAN ULAMA' DAN FUQOHA'



بسم الله وبحمده, السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.
الحمدلله الذى فضل بني آدم بالعلم والعمل على جميع العالم, والصلاة والسلام على سيدالعربي والعجم. وعلى آله وصحبه ينابيع العلوم والحكم. امآبعد.

Yang saya hormati, Pimpinan Pondok Pesantren NW Padasuka.
Yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru.
Teman-teman yang saya banggakan…
Sebagai orang yang beriman atas kerasulan Nabi Muhammad SAW, maka kita wajib meyakini bahwa apa yang beliau sampaikan adalah benar, termasuk dalam hal ini adalah ketika beliau menyampaikan tentang kondisi akhir zaman. Banyak hal yang beliau sampaikan terkait dengan apa yang akan terjadi di akhir zaman seperti kajadian-kejadian hari kiamat, kondisi Ummat Islam, Kenegaraan dan termasuk juga tentang bencana.

Dalam sebuah hadits, Rasululloh pernah menyampaikan tentang salah satu kejadian yang kelak akan terjadi pada ummat Islam. Hal ini terkait dengan kondisi dimana ummat berusaha menjauhkan diri dari Ulama’, beliau bersabda:

سيأتي زمان على أمتى يفرون من العلمإ والفقهإ, فيبتليهم الله بثلاثة بليات. أولاها, يرفع الله البركات من كسبهم. والثانيت, يصلط الله عليهم صلطاناظالما, والثلثة, يخرجون من الدنيا بغير إيمان.

Akan datang suatu masa atas ummatku, dimana mereka menjauhi para ‘Ulama’ dan Ahli Fiqih, maka Allah akan menimpakkan tiga macam bencana pada mereka. Yang pertama, Allah akan mengangkat berkah dari usaha-usaha mereka. kedua, Allah akan memberikan penguasa begi mereka penguasa-peguasa yang zholim. Ketiga, mereka akan keluar dari dunia ini tanpa membawa iman.

Rekan-rekan yang saya hormati…
Begitu dahsyat azab yang beliau sampaikan dalam hadits tersebut. Dengan memperhatikan kondisi pada zaman kita ini, dimana sudah banyak ummat Islam yang enggan menuntut ilmu agama, tidak mau masuk ke Pondok pesantren untuk belajar ilmu agama dari para ‘Ulama’ dan mengkaji hukum-hukum Islam dari para ahli fikih, bahkan orang tua yang memiliki putra dan putri memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka dalam memilih pendidikan mereka tanpa ada usaha atau kemauan untuk mengarahkan mereka agar memperdalam mempelajari ilmu agama di Pondok Pesantren, lebih dari itu anak-anak merekan yang memang sudah belajar di Pondok pesantren mereka tarik kembali untuk kemudian disekolahkan di sekolah-sekolah umum, ini menunjukkan bahwa masa yang disampaikan oleh Rasululloh dalam sabda Beliau tersebut sedang terjadi dan itu di masa kita ini.

Teman-teman yang saya banggakan…
Dalam hadits tersebut beliau menyampaikan bahwa Akan datang suatu masa dimana ummat Islam akan menjauhi ulama’. Artinya ummat Islam akan senantiasa menjauhkan diri mereka dari ulama’, menghindar dari ulama’, bahkan kalau kita melihat dimasa sekarang ini, bukan saja ummat Islam menjauhkan diri dan lari dari para ulama’ dan ahlli fikih, namun lebih dari itu mereka juga menentang dan memusuhi Ulama’.

Beliau melanjutkan bahwa Allah akan menimpakkan tiga macam bencana ketika Ummat telah berlaku yang demikian. Yang pertama adalah Allah akan mengangkat berkah dari apapun yang mereka usahakan. Jika Allah telah mengangkat berkah dari apa yang diusahakan, maka tentu sekali apapun yang dihasilkan dari usaha tersebut, seberapa besarpun keuntungan dan hasil dari usaha tersebut tidak akan mendapatkan berkah dari Allah, yang bahkan bisa jadi akan mendatangkan kemudlaratan dan kesengsaraan baik hidup di dunia lebih-lebih di akhirat kela’.

Kemudian yang kedua, ketika Ummat telah menjauhi para Ulama’ dan ahli Fikih, maka Allah akan memberikan penguasa kepada mereka penguasa-penguasa yang zholim. Hal ini bisa kita lihat di zaman kita sekarang ini, dimana banyak para pemimpin di negeri-negeri Muslim yang tidak amanah para rakyat yang dipimpinnya, bukan mengayomi masyarakat, bukannya melayani masyarakat, tapi bahkan menganiaya dan menzolimi masyarakat. Dengan pemimpin-pemimpin yang tidak amanah seperti itu maka kesengsaraan demi kesengsaraanlah yang akan diterima oleh rakyat. Kita bisa mengambil contoh di Negara kita Indonesia. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan kekayaan alamnya, namun dikemanakankah hasil-hasil dari kekayaan alam tersebut sehingga kita bisa melihat banyak orang yang kelaparan, terkena gizi buruk, putus sekolah karena mahalnya biaya pendidikan, bahkan di Negara yang kaya raya ini, kaita masih mendengar ada rakyat yang mati karena berebut zakat. Padahal Rasululloh SAW telah menyampaikan:

كلكم راع وكلكم مسؤل عن رعيته. الاٍمام راع و مسؤل عن رعيته

Tiap-tiap kalian adalah pemimpin, dan tiap-tiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Tiap-tiap amir (Imam) adalah Pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya

Namun ketika hal ini terjadi, ini akibat dari Ummat yang menjauhi Ulama dan Ahli Fikih dan tidak mau belajar ilmu agama kepada mereka sehingga Allah menurunkan bencana yang seperti itu.

Kemudian yang terakhir, yang paling dahsyat bencana yang akan diberikan Allah adalah, mereka akan keluar dari dunia (mati) dalam keadaan membawa iman. Jadi ketika ulama’dan ahli fikih telah dijauhi oleh ummat, maka dihawatirkan kematian yang tanpa membawa iman, sehingga semua amal yang telah dilakukan selama hidup di dunia menjadi sia-sia hanya karena menjauhkan diri dari Ulama’ dan ahli Fikih.

Kita berdo’a kepada Allah, semoga Allah melindungi kita dari perbuatan demikian dan selalu mengeratkan hubungan baik kita dengan Ulama’ dan Ahli Fikih. Amin Ya Mujibas Sa-ilin.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga ada manfaatnya, terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas kekurangan.

والله الموفق والهدي إلى سبيل الرشاد.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته



0 comments:

Post a Comment

Blog Archive