Saturday, September 20, 2014

DERITA PASTI SIRNA, YANG TERSISA TINGGAL PAHALA


Saudaraku,semoga Allah senantiasa merahmati anda. Ketahuilah bahwa anda akan dihadapkan pada kelelahan yang luar biasa. Ujian demi ujian serta cobaan demi cobaan saat anda menempuh jalan kebenaran serta menyibukkan diri dengan perjuangan di jalan Islam. Namun, jika anda tetap tegar di atas kebenaran dan bersabar dalam mengahadapi cobaan, pasti penderitaan akan segera sirna dan kelelahan akan hilang, yang tersisa tinggallah balasan yang baik dan pahala bagi anda, Insya Allah.

Bukankah puasa di tengah terik matahari itu hilang rasa hausnya ketika ia meneguk seteguk air saat berbuka puasa? saat itu ia akan mengulang-ulang do'a yang diajarkan Rasululloh SAW.

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت لأجر إنشآءالله

Rasa haus telah hilang, urat-urat telah basah dan yang tersisa adalah pahala, Insya Allah. ( HR. Abu Dawud, Daruquthni, Al-Baihaqi dan Al-Hakim)

 Ketika anda masuk dan menginjakkan kaki di surga, saat itu segala kelelahan yang pernah anda rasakan, duka yang dulu pernah menderu anda dan luka yang dulu anda alami di jalan Allah SWT sirna seketika. Saat itu dikatakan kepada anda, "Apakah anda pernah merasakan penderitaan sebelum ini?". Anda menjawab setelah dicelup sekali di surga, "Demi Allah, saya tidak pernah merasakan penderitaan sebelum ini." (HR. Muslim, Ahmad dan Ibn Majah)

Kelelahan dan penderitaan anda tidak akan ada lagi, sebab segalanya berubah menjadi kegembiraan, kebahagiaan dan kenikmatan. Anda juga memperoleh anegerah balasan yang baik dan pahala. Allah SWT pun menambah karunia-Nya kepada anda dan memuliakan anda sesuai dengan kemuliaan dan kedermawanan-Nya. Saat itu anda akan  berangan-angan, "seandainya saja dulu anda mencurahkan tenaga anda dan mengalami kelelahan demi kelelahan lebih banyak lagi di jalan agama anda". Saat itu andapun akan berangan-angan "Seandainya di dunia anda tidak tidur lebih lama demi agama Allah, seandainya anda bepergian lebih lama dan meninggalkan dunia lebih banyak lagi. Seandainya anda berkorban di jalan ALlah lebih banyak lagi daripada apa yang telah anda korbankan selama ini. Tidak hanya itu, anda juga akan berangan-angan sebagaimana angan-angan orang yang mati syahid,-- yaitu seandanya anda dikembalikan lagi ke dunia agar meraih kematian di jalan Allah, anda dibunuh-dihidupkan lagi-dibunuh-dihidupkan lagi-dibunuh-dan seterusnya--hingga syahid berkali-kali karena anda melihat karunia dari Allah di dalmnya dan bagaimana Allah memuliakan para Syuhada'. (Lihat: HR. Al-Bukhori, Muslim, Tirmidzi dari punuturan Anas bin Malik ra)


Sumber: Pesan-Pesan Menggugah Untuk Pengemban Dakwah oleh DR. Najih Ibrahim

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive